Memilih Kandang Untuk Hamster

Dari dulu bahasnya hamster mulu nih Gha?? ^_^ bahas yang lain ngapa? Oke oke.. kali ini Egha bahasnya bukan hamster, tp KANDANG.. Kandang apa??? ya jelas Kandang Hamster.. hee  he #sama_aja_boong

artikel dibawah bersumber dari sini, semoga bermanfaat yah.. 

memilih kandang, jenis kandang hamster


+ Ukuran Kandang
Apapun kandang yang Anda gunakan, berilah hamster Anda kandang dengan ukuran yang layak. Kandang yang terlalu kecil akan memicu stress pada hamster. Sama seperti layaknya manusia yang ditempatkan di kamar yang terlalu kecil dan tidak bisa keluar, pasti rasanya tidak nyaman bukan?

Hamster menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam kandang, oleh sebab itu cobalah untuk memberikan kandang yang nyaman dan cukup luas bagi mereka untuk bermain. Lengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang mereka butuhkan dan berikan ruang bagi mereka untuk bergerak.

Jika Anda memelihara seekor hamster, berilah kandang minimal 30x40 cm. Lebih besar tentu lebih baik. Perbesar ukuran kandang jika Anda memelihara hamster dalam jumlah yang lebih banyak.


+ Berbagai Jenis Kandang dan Alternatif 
Sekarang ini bermunculan banyak jenis kandang hamster dengan berbagai fasilitas dan mainan yang lucu. Anda bisa memilih kandang yang Anda sukai tapi dengan memperhatikan berbagai aspek. Beberapa kandang akan terlihat lucu, beberapa lagi akan merepotkan Anda, semua kandang memiliki sisi positif dan negatifnya. Anda tentukan sendiri pilihan Anda :

- Kandang Sederhana
Jenis kandang seperti ini adalah yang paling sederhana, banyak ditemui dimana-mana. Mudah dibersihkan, sistem sirkulasi udara sangat baik tapi mungkin penampilannya memang terlihat sederhana.

Kandang ini terdiri dari bagian bawah yang berupa wadah plastik tertutup (tanpa jaring atau kawat) dan bagian atas berupa jeruji besi dengan jarak bervariasi (tapi tidak lebih dari 1 cm karena hamster bisa lolos).

Kandang seperti ini sangat tepat bagi orang-orang yang mengharapkan kandang yang mudah dibersihkan, para peternak hamster yang serius, hobiist yang mengutamakan kualitas hamster. Bisa dikatakan jenis kandang paling ideal bagi hamster.



- Kandang Unik dan Lucu
Kandang ini terlihat menarik dengan adanya pipa-pipa penghubung, banyaknya mainan dan segala aksesoris dalam kandang lainnya. Bentuknya beraneka ragam dan harganya mungkin lebih mahal.

Kelemahan paling besar dari kandang ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk membersihkannya. Membersihkan kandang ini cukup sulit dan membutuhkan waktu yang panjang. Anda harus melepas satu persatu bagian untuk dibersihkan atau disikat.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pipa penghubung. Biasanya hamster senang bersarang di pipa-pipa ini, tapi sering mengakibatkan bulu yang basah, kusut dan rusak. Karena dengan berdiam di pipa ini hamster biasa tidur di atas kotoran dan kencingnya sendiri. Hal lain tentang pipa adalah sirkulasi udara yang buruk sehingga hamster yang senang berdiam di pipa biasa memiliki bau yang lebih menyengat dibanding hamster normal.



- Akuarium dan Kontainer Plastik
Salah satu alternatif kandang hamster yang paling sering digunakan adalah akuarium atau kontainer plastik. Kandang alternatif ini mudah ditemukan dan ukurannya beraneka ragam. Banyak yang menggunakan kandang alternatif ini karena ukurannya yang lebih fleksibel dibanding kandang jenis lain.

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda memutuskan untuk memelihara hamster di dalam kontainer atau akuarium. Kandang jenis ini lebih cocok jika Anda menempatkan kandang di ruang ber-AC karena sirkulasi udara tidak sebaik kandang berjeruji besi.

Selain masalah penempatan dan sirkulasi udara, tinggi sebuah akuarium/kontainer juga harus diperhatikan. Hamster adalah binatang yang pandai memanjat dan melompat jadi akuarium yang terlalu pendek bisa memungkinkan hamster kabur. Biasanya hamster akan memanjat mainan atau botol minumnya untuk kabur dari kandang. Jadi berhati-hatilah dengan masalah ini. Alternatif lain yang biasa digunakan orang adalah dengan memberikan penutup kawat pada bagian atas akuarium. Tapi dengan memberikan penutup ini juga berarti sirkulasi udara menjadi lebih buruk sehingga kandang cepat bau dan sumpek.

Pada beberapa situasi bahkan kandang akuarium/kontainer ini berbahaya karena makhluk pemangsa lebih mudah mendapatkan akses untuk masuk ke dalam kandang, terutama tikus atau kucing.

----------------------------------------------------------------------------------------------
Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Memilih Kandang Untuk Hamster dan anda bisa menemukan artikel Memilih Kandang Untuk Hamster ini dengan url http://dunia-ega.blogspot.com/2012/09/memilih-kandang-untuk-hamster.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Memilih Kandang Untuk Hamster ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Memilih Kandang Untuk Hamster sebagai sumbernya.


Artikel Terkait:

36 comments:

  1. kandang kayak di widget ega ada?hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dong kak,, tp kasian hamsternya,, kandang segitu ke kecilan..

      Delete
  2. Meett malem Egha, Gue dateng buat Ngasih Maem Hamster Egha biar cpet Endut..Hehehehe... #tersenyum manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh,, ia dong.. kalo mampir ke blog ega,, jngan lupa kasi mam hamsternya.. hehe

      Delete
    2. ia dunk , itu udah pasti egha, biar hams hams nya cepet endut eaaa !!

      Delete
  3. Hamster mulu, suka hamster ya mbak? ^^

    ReplyDelete
  4. dua kakak beradik dari keluarga hamster nonggol paling atas..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud Loe !? *nyiapin.pukulan.maut

      Delete
    2. oiii,, jngan pda berantemmm >.<

      Delete
    3. Engga ko. cuman bcanda..hehehe ^_^V

      Delete
    4. kalo ente nyiapin pukulan buat ane.. gak gua kasih makan loe.. hahahha

      Delete
    5. momoooooyyyyy...2 manusia ini kurang kerjaan

      Delete
    6. woy.. ngapo pake nama momoy..
      bahaya nhe

      Delete
    7. Akakaka...uda udah,,,egha uga usah dengerin mereka !! emang mereka itu cerewet bgt !!

      Delete
    8. kalian ber tiga ini akur banget ya.?? hee ^_^

      Delete
    9. #momoooy apa sih.?? penasaran dehh.. :)

      Delete
  5. Mampir sambil baca2 artikel tentang hamster ...eh kandang ..

    ReplyDelete
  6. mampir ksni kawan. kl punya saya kandanya biasa...:D
    makasih kawan dah berbagi info...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang apa kak.?? ayam.?? bebek.? kucing.? hee

      Delete
  7. Egha, , mampir kesini buat ngasi maem Hamz Hamz nya..hehehe ..sama njenguk Egha juga !!

    ReplyDelete
  8. maksih infonya bermanfaat banget ...

    ReplyDelete
  9. mkasih buat tips dan info yang diberikan

    ReplyDelete