Cara membedakan jenis kelamin hamster

Membedakan jenis kelamin hamster sebenarnya cukup mudah dilakukan. Cara yang umum dilakukan adalah dengan mengamati jarak antara alat kelamin dan anus dari hamster.

jenis kelamin hamster, cara membedakan
Gambar di atas menunjukkan ilustrasi bagaimana membedakan jenis kelamin hamster.

- Jantan
Pada hamster jantan, jarak antara alat kelamin dan anus berjauhan. Jaraknya kira-kira 0,5 cm. Selain alat kelamin hamster jantan juga memiliki Kelenjar Bau pada bagian perutnya, biasa kelenjar bau ini ada ketika hamster mulai dewasa. Kelenjar ini dapat diidentifikasi dengan adanya bagian bulu yang seperti basah dan menempel pada bagian perut hamster.

- Betina
Sebaliknya pada hamster betina, jarak antara alat kelamin dan anus sangat dekat bahkan hampir menempel. Hamster betina tidak memiliki Kelenjar Bau tapi mereka memiliki puting susu yang terletak di bagian perutnya juga.

_______________________________________________

Jenis Kelamin Mana yang Lebih Baik

Anda tidak harus membeli hamster secara berpasangan, jantan dan betina. Jika tujuan Anda hanya memelihara hamster sebagai hewan peliharaan/pets, dan tidak bertujuan beternak/breeding, sebaiknya Anda memelihara hamster dengan jenis kelamin yang sama semua.

Untuk ini sebaiknya Anda memilih hamster jantan! Hamster jantan memiliki temperamen yang lebih baik dibanding betinanya. Mereka cenderung lebih jinak dan tidak dominan seperti hamster betina, yang berarti dapat mengurangi resiko pertengkaran di kemudian hari.




----------------------------------------------------------------------------------------------
Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang Cara membedakan jenis kelamin hamster dan anda bisa menemukan artikel Cara membedakan jenis kelamin hamster ini dengan url http://dunia-ega.blogspot.com/2012/09/cara-membedakan-jenis-kelamin-hamster.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara membedakan jenis kelamin hamster ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cara membedakan jenis kelamin hamster sebagai sumbernya.


Artikel Terkait:

21 comments:

  1. Sayang saya nggak punya hamster mbak ^^

    ReplyDelete
  2. owh.. pantes hamster ku dari dulu gak tekdung-tekdung..
    ternyata jantan semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. tekdung-tekdung?? hee ada2 aja nih..

      Delete
    2. habis bingung mau pake bahasa apa..heeh

      Delete
    3. habis bingung mau pake bahasa apa..hehe

      Delete
  3. Hohoho...Ternyata ada juga ea cara ngbedain Hamster cow ama cew..hehehe Lucu Lucu..

    Hmm...Egha ugha mau link back blog qu ea...Hmmm Pasrah deh gue !!

    ReplyDelete
  4. ternyata gitu ya kawan cara bedakan mn yg jantan dan mn yg betina....emmm br tau saya nich kawan.
    makasih ya dah berbagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke,, sama sama.. :) sypa tahu bermanfaat..

      Delete
  5. Oowh begitu ya cara bedain kelamin hamster, aku baru tau. Aku lg pengen beli hamster nih, jd lebih tau setelah baca di sini. Makasih ya infonya sis Megha :)

    ReplyDelete
  6. ow gitu ta,cara ngebedainnya!makasìh ya...!ow ya embak mega ya punyak fb gk,ya aq cuman pengen sering2 lewat fb km blh gk?

    ReplyDelete